PERJALAN 4 MOYANG GANDONG DAN BERDIRINYA NEGERI TALA

Perjalan Empat Moyang Bersaudara dan Pembentukan Negeri Tala di tuturkan sebagai berikut:

Pada perjalanan awal waktu mereka menuju ke pantai Tala empat bersaudara tersebut yaitu:


     KAPITANG TOUNA WATTIMOLLE turun dan mendirikan Yamane KULIMETALE


    LATU YANA LATEKAY Turun dan mendirikan Yamane WAIMASA Muara Sungai Tala Bagian Barat (Negeri Tala


     KAPITANG HOYA HAIKUTTY Turun dan mendirikan Yamane PURULA 


     KAPITANG SEKA MESINAI WALAKONE Menetap di  Negeri LATU. 


Pada saat perjalan mereka turun dari Negeri TAMASELANE TALA yang adalah negeri induk Kesatuan YAPIOPATAI Yang Terkahir pada saat itu di Daerah Pantai sungai Tala Belum Berpenghuni oleh manusia Dan Juga wilayah itu milik dari Kesatuan Yapiopatai dan juga demi menjaga wilayah petuanan Kesatuan
Yapiopatai Di Pantai  dari musuh yang ingin menyusup masuk ke petuanan maka saudaranya YANA LATEKAY yaitu TOUNA dan HOYA mengikuti sudaranya YANA ke pantai tala untuk bergabung dengan YANA dalam Satu Negeri yaitu Yamane Waimasa dan Hidup bersama Sudaranya Di pantai, sedangkan SEKA MESINAI Menetap di negeri Latu sampai sekarang dan awal perjanjian wari-wa itu di buat antara SEKA MESINAI dengan sudaranya.

Seteleh Meninggalnya tiga Moyang di atas maka Datanglah CHUCANG yang adalah saudagar dari cina untuk tujuan perdagangan damar singgah dan menetap di Negeri Waimasa ( Tala ) dengan tiga matarumah tiga moyang di atas dan CHUCANG menghubungi ketiga keluarga dari tiga turunan moyang di atas menyangkut Damar yang di kepala air tala milik orang hunitetu.dan CHUCANG juga mengawini orang pribumi seram yaitu wanita dari Yapiopatai dari kapitang besar latupua dan lahirlah THOMAS PAULUS TALAWAI, karna yang bersangkutan adalah anak harta waris maka yang bersangkutan memikul Marga Talawai sebagai marga matarumah harta, pada masa itu Thomas Talawai (TOKA) di lantik sebagai Raja kedua menggantikan raja terdaulu yang sudah meninggal dan masa itu dimana Negeri belum punya Raja masih di pegang oleh patti untuk kegiatan berperang di pesisir tala dan sekitarnya. setelah di serahkan kepada matarumah talawai status raja tala kembali di pulangkan ke pada Latekay.

Asal mula kedatangan orang kisar di negeri tala.
Pada masa di mana mendirikan perkebunan yang di kalah itu pembukaan lahan perkebunan melibatkan kelurga besar yapiopatai (ahiolo,abio tala) waktu ituawal penananman cengkeh, kelapa pertama kali di lakukan oleh orang yapiopatai (ahilo,abio dan tala) dan sampai dimana pohon pohon tersebut mulai panen maka raja toka pergi ke kisar mengambil orang kisar di tempatnya untuk di jadikan pekerja di perkebunan tersebut beberapa marga tersebut  yaitu:
1. Kewere
2. Lainata
3. Maromon
4. Wariaka
5. Yernunu
7. lekidara
8. Samadara
9 Frans
10 . dan marga lainnya
Di masa itu mereka mereka inilah yang menjadi ujung tumbak pekerja dalam perkebunan Di negeri tala.
Asal mula kedatangan orang buton
Orang buton waktu itu melalukan perjalan dengan mengunakan kapal kapal layar dalam misi melalukan perdagangan menjual garam sesampai di negeri tala lalu menetap di petuanan hena muru ( Tanjong) dan masa itu ketika proses perkawinan antara jonias latekay (oni latekay ) yang merupakan sudara thomas talawai kawin dengan seorang perempuan buton maka daerah tersebut di penuhi oleh orang buton dan jonias latekay masuk islam dan berganti nama abdullah latekay.
Pada masa itu negeri tala mempunyai dua komnitas agama yang berbeda yaitu islam dan kristen akan tetapi adalah keluarga.

Silsilah yang pernah memimpin masyarakat di tala sejak negeri di bentuk


1. Latu yana latekay )


2. Patti latupua Haikutty


3. Raja Thomas Talawai


4. Raja Martinus Latekay


5. Raja Margaritha Latekay





Hubungan gandong dalam keluarga kesatuan yapiopatai Yakni


1. Negeri waraloin


2. Negeri ahiolo


3. Negeri abio

4. Negeri sahulau

5.Masalepune


Empat matarumah besar di Negeri Tala yakni  :


1. Matarumah Besar Latekay


2. Matarumah Besar Haikutty


3. Matarumah Besar Wattimolle


4. Matarumah Besar Mesinai


Demikianlah sejarah pendek terbentuknya negeri tala awal sampai dengan eksisteninnya negeri sampai saat ini banyak juga hubungan pela darah dan pela tampa siri yang selalu di miliki oleh negeri tala sebagai satu kesatuan masyarakat adat asli seram khususnya masyarakat adat wemale yapiopatai di tanah seram

Komentar

  1. Terima kasih untuk blog nya, saya anak kedua dri alm raja Martinus Latekay

    BalasHapus
  2. Abdullah Latekay dijadikan sejarah negeri pertama di Tala..??. Abdullah Latekay masih hidup di negeri saya (Hualoy). Karna setelah menikah dengan orang Buton, dia menikah lagi dengan orang Hualoy setelah isterinya meninggal beberapa tahun lalu. Usianya baru sekitar 60an tahun.. Berarti masih terlalu mudah untuk diceritakan dalam sebuah sejarah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer