SILSILAH PANGLIMA PERANG PATASIWA KAPITANG PATOLA DAN SEJARAH PERANG

Peperangan perebutan antara patasiwa dan patalima setelah perjanjian NUNUSAKU mengakibatkan dua kubu tersebut berseteru, di negeri lumalatale pasukan patasiwa yang terdiri dari gabungan orang alune patasiwa dan gabungan orang wemale patasiwa membuat kekuatan untuk menyerang saudara patalima yang juga merupakan gabungan orang alune dan wemale.
Perbedaan pendapat antara kapitang kapitang perkasa di lingkungan orang patasiwa patalima membuat koalisi perang berbunyi.
Kapitang Patola adalah kapitang orang wemale dengan pilihan patasiwa memimpin pasukan perang melawan patalima, perang yang berlangsung bertahun-tahun mengakibatkan pasukan patalima mundur sampai di patumari/hatumari.
Setalah pasukan patasiwa bale ke negeri mereka dalam perjalan tiga hari setelah selesai perang dan taruh batas patasiwa patalima di patumari/hatumari, terlambat pulang sehingga mengakibatkan orang tua tua melakukannya sumpah perjanjian batas patasiwa patalima di Wai Mala dan Wai makina.
Kapitang Patola pada masa itu mempunyai enam orang anak lima  laki laki satu perempuan.
Yakni
Wattimena Wael
Talakua
Nanuloi
Wattimurry
Tomatala
Inamulli
Watimena, talakua, nanuloi, wattimurry meninggalkan negeri mereka menggunakan Gusepa dan rakit mereka tenggelam di tupapa  anyo sampai di Tala dan melakukan perjanjian mereka di Huse Tala, tomatala berjalan menyusuri sungai Tala dan pergi ke kamariang untuk menetap di sana sedangkan Ade bongso tinggal di lumalatale dan turunannya habis akibat kawin dengan salah satu matarumah di yapiopatai.
Empat Ade Kaka gandong  kapitang Patola yaitu :
Ua
Aya
Patola
Sela
Dan mereka di sebut dengan EMPAT TULALE
Sumber naskah silsilah orang Yapiopatai

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer