PELA DARAH SUKU MASAMANUHUEI DAN SUKU YAPIOPATAI


Budaya adat  bikin Panas Pela merupakan salah satu identitas masyarakat adat Maluku yang digelar untuk mempererat tali persaudaraan antara dua negeri atau beberapa negeri, yang sudah terikat sumpah dan ikrar sebagai perjanjian adat  oleh para leluhur mereka yang harus di patuhi dalam adat mereka.
Dan budaya adat bikin Panas Pela  yang sudah ada sejak dulu dan terus di kembangkan untuk mewarisi budaya adat istiadat masyarakat adat alifuru Maluku.
Begitu halnya dengan budaya adat Pela darah kedua suku besar di kabupaten seram bagian barat yakni Suku Alune masamanuhuei yang terbagi atas tiga negeri yaitu :
1. Negeri Manusa
2. Negeri Rambatu
3. Negeri Rumberu dan dusun kawatu
Yang berpela dengan suku wemale Yapiopatai yang terbagi atas beberapa negeri yaitu :
1. Negeri Waraloing
2. Negeri Sahulau
3. Negeri Ahiolo
4. Negeri abio
5. Negeri Tala
6. Negeri Seriholo dan dusun pohon batu dan masalepune.
Awal ketika perjanjian Pela ini di lakukan, kedua suku tersebut terlibat peperangan yang sangat panjang dan memakan banyak korban jiwa yang banyak.

Sehingga kapitang Neite yang merupakan kapitang dari suku alune Masamanuhuei membuat perjanjian damai dengan seorang perempuan dari matarumah HAIKUTTY  dari suku yapiopatai sebagai akar peperangan sehingga ikrar sumpah Pela tersebut di sumpahkan dan di serahkan kepada alam jika kemudian hari ada pelanggaran dalam ikatan Pela tersebut maka nyawa adalah taruhannya, budaya panas Pela darah antara kedua suku tersebut di lakukan tiga tahun sekali dan berlangsung berganti ganti negeri berdasarkan kesepakatan adat kedua belah pihak.
Pada bulan Oktober 2017 acara panas Pela tersebut berlangsung di negeri adat Rambatu kecamatan inamosol kabupaten Seram bagian barat, acara panas Pela tersebut juga menampilkan tarian tarian adat Tanpa tarian adat cakalele hal tersebut yang membuat unik dalam acara panas Pela yang di lakukan di negeri Rambatu.

"Kapata Pela "
Salamate yo....
Salamate yo....
Salmate weea....
Uha suline, selu uhamu, selu uhamu.... Duwe uuuu....
Apanu luwaka, ma ma na una,

Sulala pua, sula meuta, Yamaha A Messe, A Messe....
Wake yo, ite yamana Luua, Henaya Lua, Yapiopatai Masamanehuwei....

Naumetua_Naumetua N'sisipa,,, U ilana. . . . U ilana n'taati, ina Mete ina Mawa Wara ea.....

Sou  Salamate Salamate yoooo...

Komentar

  1. kenapa panas pela yang di lakukan di negeri Rambatu, Negeri seriholo tidak di undang untuk di ikutsertakan dalam acara adat tersebut ??
    apa benar seriholo mempunyai pela dengna Rambatu, Rumberu dan dusun kawatu ????
    kalau benar coba berikan alasan kenapa orang seriholo tidak di ikutserta ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer